Jumat, 23 Maret 2012

Plug Ins AlQuran for MS-Word Ver. 1.3


Plug Ins AlQuran for MS-Word Ver. 1.3 by Mohamad Taufiq dari Depok Indonesia
Plug Ins AlQuran for MS-Word Ver. 1.3 merupakan software yang berfungsi untuk menyalin dan mempublikasikan ayat-ayat Al-Qur’an ke Microsoft Word. Software ini berupa plug ins tambahan untuk Microsoft Word sehingga hanya dapat dijalankan dalam Microsoft Word.
Plug Ins AlQuran for MS-Word Ver. 1.3 disusun oleh Mohamad Taufiq dari Depok Indonesia dan bersifat freeware dengan ukuran yang sangat kecil namun manfaatnya sangat besar. Dengan Plug Ins AlQuran for MS-Word Ver. 1.3, kita dapat menyalin ayat-ayat Al-Qur’an ke Microsoft Word dengan tampilan ayat menggunakan Rasm ‘Utsmany dan sistem tanda baca yang sesuai dengan Mushhaf Al-Madinah Al-Nabawiyah.[1]

Keistimewaan Plug Ins AlQuran for MS-Word Ver. 1.3

Berikut beberapa keistimewaan utama yang ada pada Plug Ins AlQuran for MS-Word Ver. 1.3:
  1. Di samping dapat digunakan untuk menyalin ayat Al-Qur’an ke Microsoft Word dengan Rasm Utsmany, sistem tanda baca yang sesuai dengan Mushhaf Al-Madinah Al-Nabawiyah[2] dan bentuk huruf yang hampir mirip dengan Mushhaf Al-Madinah Al-Nabawiyah[3] juga dapat digunakan untuk menyalin ayat Al-Qur’an ke Microsoft Word dengan Font Arab (Unicode) biasa.[4]
  2. Menyalin terjemahan ayat Al-Qur’an ke Microsoft Word hingga 10 bahasa, yaitu: Indonesia, Inggris (dua versi terjemahan: Yusuf Ali dan Muhsin Khan), Malaysia, Jerman, Bosnia, Spanyol, Perancis, Albania, Rusia dan Persia.
  3. Menyalin ayat Al-Qur’an ke Microsoft Word dengan berbagai pilihan tampilan yang diinginkan, seperti:
    • penyalinan ayat Al-Qur’an, terjemah ayat Al-Qur’an, atau keduanya sekaligus.
    • tampilan antar ayat Al-Qur’an bersambung terus atau berganti baris setiap berganti ayat Al-Qur’an.
    • tampilan ayat-ayat Al-Qur’an hingga selesai lalu terjemahnya atau setiap ayat Al-Qur’an langsung diikuti terjemahnya.
    • ukuran font dapat diubah sesuai kebutuhan dan dapat diwarnai perhuruf dan perharakat.
  4. Fasilitas Auto Replace Menu, yaitu dengan mengaktifkan menu Auto Replace terlebih dahulu. Setelah itu setiap kali akan menyalin ayat Al-Qur’an cukup dengan menulis di Microsoft Word tanda [ lalu QS atau qs, nomor surat, titik dua, nomor ayat dan tanda ] (misal: [qs 2:2-5] untuk menyalin Surat Al Baqarah ayat 2-5).
  5. dan sebagainya.
Singkat kata, Plug Ins AlQuran for MS-Word Ver. 1.3 merupakan software yang sangat ringan, sangat mudah dipergunakan namun menfaatnya sangat besar. Semoga penyusunnya senantiasa diberi balasan kebaikan, rahmah, hidayah dan maghfirah dari Allah SWT.

Download dan Installasi Plug Ins AlQuran for MS-Word Ver. 1.3

Plug Ins AlQuran for MS-Word Ver. 1.3 dapat di download disini atau http://myquran.org/msword/.
Ada beberapa pilihan download yang dapat dilakukan:
  1. Download software dengan satu bahasa terjemah sesuai yang dikehendaki.
  2. Download file terjemah dalam bahasa yang diinginkan untuk menambah terjemah pada hasil download pilihan pertama.
Sebagai contoh, setelah mendowload SetupQuranInWordInd1.3.zip, extract file tersebut menggunakan software extractor (seperti 7Zip dan WinRAR) lalu jalankan hasilnya yaitu SetupQuranInWordInd1.3.exe dan ikuti langkah installasi hingga selesai. Setelah selesai, buka Microsoft Office maka di dalamnya akan terdapat tambahan menu bernama Al-Quran. Silahkan pelajari penggunaannya yang sangat mudah sekali (lihat screenshoot di bawah).
Hasil contoh di atas adalah adanya tambahan Plug Ins AlQuran for MS-Word Ver. 1.3 di Microsoft Word namun bahasa terjemahnya yang disediakan hanya satu yaitu Bahasa Indonesia (atau sesuai dengan pilihan download Anda).
Untuk menambahkan terjemah dalam bahasa lainnya, download terjemah dalam bahasa yang diinginkan (pilihan download kedua di atas). Sebagai contoh untuk menambahkan terjemah bahasa Inggris versi Yusuf Ali dan Muhsin Khan, download kedua file terjemah yaitu: English Yusuf Ali.zip dan English Muhsin Khan.zip. Setelah selesai didownload, extract kedua file tersebut menggunakan software extractor (seperti 7Zip dan WinRAR) lalu copy-paste hasilnya, yaitu: English Yusuf Ali.mtaufiq dan English Muhsin Khan.mtaufiq ke direktori/folder installasi Plug Ins AlQuran for MS-Word Ver. 1.3 yang terletak di "C:Program FilesQuran_in_Word".[5]
Berikut screenshoot Plug Ins AlQuran for MS-Word Ver. 1.3 di Microsoft Word 2002 atau yang di bawahnya dan di Microsoft Word 2007 atau yang di atasnya.
Plug Ins AlQuran for MS-Word Ver. 1.3 di Microsoft Word 2000 dan Microsoft Word XP
Plug Ins AlQuran for MS-Word Ver. 1.3 di Microsoft Word 2000 dan Microsoft Word XP
Plug Ins AlQuran for MS-Word Ver. 1.3 di Microsoft Word 2007 dan Microsoft Word 2010
Plug Ins AlQuran for MS-Word Ver. 1.3 di Microsoft Word 2007 dan Microsoft Word 2010

Tips dan Trik

Sebagaimana telah diketahui, Plug Ins AlQuran for MS-Word Ver. 1.3 hanya dapat dijalankan di Microsoft Word dan hasil salinan ayat Al-Qur’an darinya pun hanya dapat dipergunakan di Microsoft Word. Sementara banyak sekali yang ingin menggunakan hasil salinan ayat Al-Qur’an ke software lain, misalnya Microsoft PowerPoint untuk sebuah presentasi atau ketika ingin menampilkannya di halaman situs atau blog. Penyusun berulang kali mencoba dan hasilnya selalu menjadi berantakan.
Ada dua alternatif yang penyusun pergunakan untuk mengatasi masalah penyalinan ayat Al-Qur’an ke Microsoft PowerPoint:
  1. Salin ayat Al-Qur’an (tanpa terjemahnya) dari Plug Ins AlQuran for MS-Word Ver. 1.3 ke Microsoft Word. Copy hasilnya lalu di Microsoft PowerPoint lakukan langkah paste melalui menu Paste Special dan pilih opsi paste sebagai Picture. Dengan cara seperti ini, hasil yang diperoleh di Microsoft PowerPoint berupa gambar yang tidak bisa diubah-ubah lagi. Sehingga bila ingin hasilnya berwarna lakukan pewarnaan di Microsoft Word terlebih dahulu. Langkah seperti ini tentunya mengurangi fleksibilitas dalam mengolahnya di Microsoft PowerPoint.
  2. Salin ayat Al-Qur’an (tanpa terjemahnya) dari Plug Ins AlQuran for MS-Word Ver. 1.3 ke Microsoft Word dengan pilihan penyalinan sebagai Unicode Text. Lalu lakukan langkah copy-paste dari Microsoft Word ke Microsoft PowerPoint. Hasilnya di Microsoft PowerPoint dapat diolah sesuai yang diinginkan. Namun dengan langkah ini, kita akan kehilangan tampilan dengan Rasm ‘Utsmany, sistem penandaan bacaan khusus Al-Qur’an dan bentuk huruf yang sesuai dengan Mushhaf Al-Madinah Al Nabawiyyah sebagaimana dijelaskan dalam footnote nomor 2 [6].
Adapun untuk penyalinan ayat Al-Qur’an ke halaman situs atau blog, cara mengatasinya pada prinsipnya sama dengan dua alternatif penyalinan ayat Al-Qur’an ke Microsoft PowerPoint di atas. Hanya saja untuk langkah pertama tidak dapat ditempuh dengan langkah copy-paste, namun dengan langkah mengambil screenshoot hasil penyalinan ayat Al-Qur’an ke Microsoft Word, lalu hasilnya diedit dengan software image editor agar sesuai dengan yang diinginkan. Setelah itu masukkan ke halaman situs atau blog seperti ketika memasukkan gambar lainnya.

Khatimah

Demikian, semoga catatan berisi informasi tentang Plug Ins AlQuran for MS-Word Ver. 1.3 ini bermanfaat. Saran dan kritik yang membangun untuk catatan-catatan penyusun dalam Catatan Belajarku ini sangatlah penyusun harapkan.

اللّٰهُمَّ إِنِّيۡ أَسۡأَلُكَ أَنۡ تَجۡعَلَ الۡقُرۡأٰنَ رَبِيۡعَ قَلۡبِيۡ وَ نُوۡرَ صَدۡرِيۡ وَ جِلَاءَ حُزۡنِيۡ وَ ذَهَابَ هَمِّـيۡ.
وَ الۡحَمۡدُ لِلّٰهِ الَّذِيۡ بِنِعۡمَتِهِ تَتِمُّ الصَّالِحَاتُ وَ الۡحَمۡدُ لِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ.




Footnotes    (↵ returns to text)
  1. Yakni Mushhaf Al-Qur’an yang diterbitkan Komplek Percetakan Al-Qur’anul Karim Raja Fahd (مُجَمَّعُ الۡمَلِكِ فَهۡدٍ لِطِبَاعَةِ الۡمُصۡحَفِ الشَّرِيۡف). Mushhaf Al-Madinah Al-Nabawiyyah ini atau sering disebut juga Mushhaf Al-Qur’an bi Al-Rasm Al-’Utsmany (meskipun mushhaf Al-Qur’an terbitan lainnya pun juga menggunakan Al-Rasm Al-’Utsmany) memiliki beberapa keistimewaan, antara lain: sistem penandaan bacaan yang lebih detail, rinci dan konsisten, bentuk huruf yang jelas dan tidak bertumpuk-tumpuk, dan sebagainya.
  2. Lihat footnote nomor 1
  3. Lihat footnote nomor 1
  4. Dengan resiko hasil ayat Al-Qur’an yang disalin akan kehilangan sistem ejaan menurut Al-Rasm Al-’Utsmany, tanda-tanda baca khusus Al-Qur’an menurut Mushhaf Al-Madinah Al Nabawiyyah dan juga beberapa harakat akan berubah sesuai dengan Font Arab yang dipergunakan.
  5. Bila operasi sistem diinstall di drive C, bila tidak maka ganti huruf C sesuai tempat operasi sistem diinstall.
  6. Lihat footnote nomor 2

0 komentar:

Poskan Komentar